chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Jumat, 10 Mei 2013


Pengetian Kebudayaan dan Peradaban

1. Pengertian kebudayaan

Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut culture.
Kata tersebut sebenarnya berasal daribahasa Latin = colere yang berarti pemeliharaan, pengolahan tanah menjadi tanahpertanian.
Dalam arti kiasan kata itu diberi arti “pembentukan dan pemurnian jiwa”.

Sedangkan kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata buddayah. Katabuddayah berasal dari kata budhi atau akal. Manusia memiliki unsur-unsur potensi budayayaitu pikiran (cipta), rasa dan kehendak (karsa). Hasil ketiga potensi budaya itulah yangdisebut kebudayaan. Dengan kata lain kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsamanusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.





 Koentjaraningrat.Menurut Ki Hajar Dewantara: “Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidupbermasyarakat” sedangkan menurut Koentjaraningrat, guru besar Antropologi di UniversitasIndonesia:

“Kebudayaan adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karyamanusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan carabelajar”


1. Perbedaan peradaban dengan kebudayaan menurut beberapa para ahli:
 a. Albion Small
    peradaban adalah kemampuan manusia dalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaannya untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara itu, kebudayaan mengacu pada kemampuan manusia dalam mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Small, peradaban berhubungan dengan suatu perbaikan yang bersifat kualitatif dan menyangkut kondisi batin manusia, sedangkan kebudayaan mengacu pada sesuatu yang bersifat material, faktual, relevan, dan konkret.

b. Alfred Weber
    Menurut Alfred Weber, peradaban mengacu pada pengetahuan praktis dan intelektual, serta sekumpulan cara yang bersifat teknisyang digunakan untuk mengendalikanalam. Sedangkan kebudayaan terdiri atas serangkaian nilai, prinsip normatif, dan ide yang bersifat unik. Aspek peradaban lebih bersifat kumulatif dan lebih siap untuk disebar, lebih rentan terhadap penilaian dan lebih berkembang daripada aspek kebudayaan. Peradaban bersifat impersonal dan objektif, sedangkan kebudyaan lebih bersifat personal, subjektif, dan unik.

 c. Spengler
    Spengler menyatakan bahwa peradaban adalah tingkat kebudayaan ketika telah mencapai taraf tinggi dan kompleks. Lebih lanjut lagi Spengler menyatakan bahwa peradaban adalah tingkat kebudayaan ketika tidak lagi memiliki aspek produktif, beku dan mengkristal. Sedangkan kebudayaan mengacu pada sesuatu yang hidup dan kreatif. Kebudayaan adalah sebagai sesuatu yang “sedang menjadi” (it becomes), sedangkan peradaban adalah sebagai sesuatu yang “sudah selesai” (it has been).
 Sedangkan menurut pendapat saya, kebudayaan adalah suatu aspek dari sekelompok manusia yang telah melekat dalam diri mereka yang akan terus dipertahankan hingga masa mendatang. sedangkan peradaban adalah sekelompok atau lebih manusia yang hidup pada masa-masa tertentu.

2. Kebudayaan Nasional


Kebudayaan nasional adalah gabungan dari kebudayaan daerah yang ada di Negara tersebut.
Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia.
 Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. Kebudayan Nasional merupakan realitas, karena kesatuan nasional merupakan realitas. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap, dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia (Suseno; 1992).



3. Dampak positif dan negatif masuknya budaya asing di indonesia

 a. Dampak negative
  - hilangnya kebudayaan bangsa mengikuti gaya budaya asing
  - Berubahnya arah ideologi pancasila ke ideologi libralisme
  - Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri yang membanjiri di indonesia
  - Anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sbagai bangsa indonesia, karena gaya hidup cenderung meniru budaya barat
  - Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin,karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi
  - adanya keterkaitan agama yang mengakibatkan perbedaan

 b. Dampak positif
  - Moderisasi yang berdampak pada kemajuan pembangunan
  - Kemajuan teknologi yang tanpa batas
  - Perubahan dan peningkatan pada perekonomian bangsa
  - Mudahnya mendapat informasi melalui jaringan internet
  - Meningkatnya adanya pembauran budaya yang membuat kebudayaan bangsa semakin kaya


Sumber :
http://yusufsaputra.blogspot.com/2013/04/hubungan-manusia-dan-kebudayaan_8.html
http://pindraswari.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
http://www.scribd.com/doc/30005025/Pengetian-Kebudayaan-Dan-Peradaban
http://dahlanforum.wordpress.com/2009/10/11/kebudayaan-nasional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar