chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Senin, 08 April 2013

makalah : "ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum"


                       Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar

      Topik Makalah
   
   “ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum






P e n y u s u n    :




N P M
Nama Lengkap
Kelas
57412991
Yusuf saputra
                1IA25






TEKNIK INFORMATIK

UNIVERSITAS GUNADARMA


2013



Kata pengantar



Segala puji bagi tuhan yang maha esa, yang telah melimpahkan karunia dan rahmatnya sehingga saya bisa menyusun makalah ini dengan baik.

dalam penyusunan makalah ini penulis akan menjelaskan mengenai materi Ilmu Budaya Dasar yang sangat penting di dalam dunia pendidikan karena merupakan bekal dan pilar utama untuk bisa mengenal budaya, mengenal kultur dan kebiasaan dari masing-masing masyarakat, serta bisa menambah wawasan bagi mahasiswa atau pelajar , untuk mengetahui latar belakang ilmu budaya yang ada di Indonesia serta menjadikannya sebagai aset atau icon penting yang harus di miliki suatu bangsa dan harus di ketahui, di pahami dan di lestarikan, supaya budaya itu mengakar dan bisa tumbuh serta bercabang dan di kembangkan tanpa melupakan nilai seni dan kultur budaya aslinya.

pada dasarnya budaya merupakan warisan dan peninggalan nenek moyang, yang tercipta dari sebuah kebiasaan atau kepercayaan yang telah menyatu di setiap masyarakat, dan mengandung nilai seni yang di padukan dengan kultur setiap masyarakat yang berbeda.
Pada makalah ini penulis akan membahas dan menjelasakan tentang “ilmuu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum ”.

Peran sebuah lembaga pendidikan dalam membentuk mahasiswa atau pelajar untuk berbudaya merupakan salah satu cara yang efektif, seperti halnya Kontribusi Universitas Gunadarma dalam membentuk mahasiswanya serta seluruh warga gunadarma untuk berbudaya sudah terbukti secara langsung maupun tidak langsung, yaitu dengan adanya, mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.

Penulis berharap dengan adanya Ilmu Budaya Dasar serta peran dari kita untuk melestarikan budaya sehingga dapat berkontribusi untuk bangsa, dapat terwujud .
Semoga makalah ini bermanfaat .

           
           


                                                                                                                                                                                                                                                                       Bekasi, 8 april 2013


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       YUSUF SAPUTRA


DAFTAR ISI

Cover                                                  ....................................................................... ..          i
Pernyataan                                          ....................................................................... ..           ii
Kata pengantar                                    ....................................................................... ..          iii
Daftar isi                                             ....................................................................... ..           iv
Bab I Pendahuluan                             ....................................................................... ..            1

1.      Latar belakang                  ....................................................................... ..           1
2.      Tujuan penulisan               ....................................................................... ..            1
3.      Sasaran                              ....................................................................... ..          1

Bab II Permasalahan                           ........................................................................             2

1.      Kekuatan (Strength)         ....................................................................... ..            2
2.      Kelemahan (Weakness)     ....................................................................... .            5
Bab III kesimpulan                             .....................................................................                  8
1.      Kesimpulan                       ........................................................................              8


BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya, baik budaya yang sudah ada sejaka zaman dahulu ataupun budaya modern yang di kembangkan, budaya di Indonesia sangat di pengaruhi oleh masing-masing etnis atau kultur dari masing-masing daerah, yang di bentuk melalui manusia yang percaya atau berkeyakinan bahwa hal itu adalah warisan.
Indonesia memang Negara yang kaya akan warisan, baik warisan budaya, pusaka, emas, perak mutiara, serta rempah-rempah.
Dengan adanya pelajaran social budaya maka mahasiswa dapat lebih mengerti hidup bersosialisasi

2.      Tujuan

Ilmu budaya bagi mahasiswa merupakan factor pendukung untuk mengenal budaya , tidak hanya sekedar tahu tetapi menjaganya dan menjadikan budaya adalah warisan leluhur yang memiliki nilai seni dan nilai kultur supaya budaya tetap terjaga dan dapat menjadi karakter bangsa .

3.      Sasaran

Ilmu budaya dasar ini perlu dimiliki atau dipelajari oleh setiap kalangan, baik mahasiswa, pelajar, dan masyarakat.                  
karena dengan ilmu budaya dasar, kita bisa mengenal kebudayaan dan tahu tentang keanekaragaman budaya Indonesia yang semakin berkembang.
Dengan berkembangya budaya itu menunjukan bahwa peran sebuah aspek perilaku dan tindakan sangat diperlukan untuk membuat budaya Indonesia tidak hilang karena perkembangan zaman .




BAB II PERMASALAHAN

1.      Kekuatan

a.       manfaat budaya bagi mahasiswa :

1.      Dengan budaya, manusia dapat hidup bersama dengan tentram, tanpa ada rasa perbedaan dan diskriminasi social.
2.      Budaya merupakan warisan , bukan pembeda mayoritas atau etnis dalam setiap suku, yang berada di belantara nusantara.
3.      Budaya merupakan cerminan perilaku serta tindakan suatu bangsa.
4.      Dengan budaya, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang belum terjalin, Karena hal itu sudah biasa jadi akan melekat dan menjadi sesuatu yang tidak bias di tinggalkan.
5.      Dengan adanya kebudayaan yang dimiliki suatu bangsa dapat menambah pemasukan Negara baik secara materi maupun aset Negara.

Awal dari tumbuhnya rasa nasionalisme salah satunya dengan adanya budaya, karena budaya merupakan jantung bagi Negara, tanpa jantung peredaran darah di tubuh tidak dapat beredar dengan baik.
Budaya adalah nyawa suatu Negara yang menggerakan dan mengatur supaya Negara dapat hidup dan berkembang.

b.      Pelestarian keanekaragaman budaya

Dari sabang sampai merauke, dari lautan sampai daratan, budaya Indonesia itu tidak terhitung jumlahnya.
Hanya saja kita belum mengenal dan tahu jelas kalau apa yang sedang kita lakukan dan kita rasakan merupakan bagian dari budaya Indonesia.

c.       Pengukuhan dalam bentuk pemerintah

Pengukuhan budaya Indonesia seperti halnya batik telah di akui oleh dunia maupun local, berdasarkan “Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara  Republik Indonesia
Tahun 1945”.
Memutuskan :
KESATU : Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.
KEDUA : Hari Batik Nasional bukan merupakan hari libur.
KETIGA • Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Budaya Indonesia tidak hanya di akui oleh local saja, dunia pun mengakuinya dan di tetapkan sebagai budaya milik Indonesia.
Seperti Unesco, menetepkan batik Indonesia ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda warisan manusia merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.




2.      Kelemahan

a.       Pengaruh budaya asing

Pengaruh budaya, bisa bersifat baik atau buruk, tergantung cara manusianya untuk mengahadapinya, apabila di hadapi dengan cara yang baik, maka budaya tersebut tidak akan berdampak buruk pada manusia, tetapi apabila kita menanggapinya dengan cara yang buruk, terlarut terhadap budaya baru yang masuk, maka, budaya akan berdampak buruk bagi manusia.

b.      Ketidakpedulian masyarakat

Masyarakat adalah pokok utama terbentuknya sebuah kehidupan social yang di dalamnya terdapat budaya yang tercipta dari perilaku mereka serta kepercayaan mereka yang berasal dari leluhurnya.
Pada saat ini masyarakat merupakan pilar utama dalam membentuk budaya, tetapi pada saat ini, masyarakat hidup di zaman yang penuh dengan dinamika hidup yang serba ada, dan serba mudah, jadi sangat sulit bagi kita untuk menjadikan budaya semakin di kenal dan di ketahui.

c.        Kurangnya rasa kecintaan, apresiasi dan kebanggaan

Budaya bukan hanya sebuah ulasan dan tulisan yang menjelaskan tentang hak sebuah budaya atau anekaragaman budaya .
Tetapi budaya harus di iringi dengan rasa cinta, bangga serta sikap untuk menjaganya, supaya budaya tetap ada sampai manusia tidak ada.
Rasa bangga dan cinta terhadap budaya harus di wujudkan secara lahir maupun batin supaya dapat di jiwai dan di resapi sehingga dapat di apresiasikan.

d.      Kuranganya sosialisasi kebudayaan terhadap masyarakat

Sosialisasi budaya terhadap masyarakat sangatlah diperlukan, untuk mengenalkan budaya ke masyarakat, oleh sebab itu, sekecil apapun budaya yang di miliki bangsa, harus bisa di sosialisakan supaya budaya mudah di terima oleh masyarakat.
Perbedaan masing-masing pemahaman dari masyarakat bisa mempengaruhi diterima atau tidaknya kebudayaan yang telah di sosialisasikan.







BAB III KESIMPULAN

1.      Kesimpulan

Ilmu social dasar dalam kampus dapat member dampak positifterhadap mahasiswa Kebudayaan tercipta dari sebuah keyakinan serta kebiasaan, yang menganggap bahwa sesuatu yang di lakukan nenek moyang merupakan warisan dan peninggalan prasasti penting yang harus di jaga, oleh sebab itu budaya memiliki maksud dan tujuan yaitu untuk membentuk pribadi bangsa supaya bangsa ini menjadi bangsa yang kaya budaya dan dapat mengamalkan kepada anak cucunya.
Ilmu budaya bagi mahasiswa merupakan factor pendukung untuk mengenal budaya , tidak hanya sekedar tahu tetapi menjaganya dan menjadikan budaya adalah warisan leluhur yang memiliki nilai seni dan nilai kultur supaya budaya tetap terjaga dan dapat menjadi karakter bangsa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar