chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Jumat, 04 April 2014

Teknologi Internet dan Perkembangannya


Teknologi Internet Dan Perkembangannya



·       Sejarah internet




















Internet pertama kali muncul di Amerika Serikat yang di gagas oleh Departemen Pertahanan pada tahun 1969, melalui proyek ARPA disebut juga ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek tersebut mereka menunjukan bahwa dengan menggunakan perangkat hardware dan software berbasis UNIX, komunikasi bisa dilakukan dengan jarak yang tak terbatas melalui saluran telepon.

Dalam proyek ARPANET terbentuklah cikal bakal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) seperti sekarang ini. Mereka merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar.  Pada masa itu Internet di tujukan untuk kepentingan militer, namun seiring berjalanya waktu Internet pun berkembang untuk pendidikan dan umum.


Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.


Dan terus berkembang hingga tahun 1990 dan membuat  Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket menjadi jutaan bahkan sampai saat ini hampir seluruh dunia terhubung ke internet. 






·       Fasilitas internet





Internet mempunyai banyak fasilitas yang membuat pengguna / user merasa nyaman untuk menggunakannya . dan di bawah ini beberapa fasilitas yang terdapat dalam internet .


1.         Electronic Mail atau e-mail
2.         Discussion Groups
3.         FTP
4.         Telnet
5.         Gopher
6.         World Wide Web

•          Electronic Mail atau e-mail

Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.

contoh alamat email : yusufsaputra01@gmai.com  slash.techno@yahoo.co.id


•          Discussion Groups
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk salingbertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.
•          FTP
 FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebutdownload. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.
•          Telnet
   Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya  pada computer di jaringan                                                                                                                        

Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
•          Gopher
        Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
·         World Wide Web
        WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).
·       Komponen pendukung internet
Ada beberapa komponen untuk mendukung penggunakan internet di antanya                   ada  hardware , software dan brainware

·       Hardware
  
·    Komputer Server
merupakan inti sebuah LAN, Hard disk server diusahakan berkapasitas besar .

·    Workstation  adalah jaringan PC biasa yang menjalankan sistem operasi masing-masing.

·    Modem (Modulator Demodulator)
     alat komunikasi dua arah , menyampaikan data melalui sinyal, lalu diubah menjadi sinyal analog Kartu Jaringan : sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan ari komputer ke sebuah jaringan komputer.

·    Wifi :
     sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel

·    Hub :
     alat penghubung antar komputer & digunakan untuk sebuah jaringan sederhana.

·    Router :
    alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan yang berbeda.

·    Switch :
    alat penyaring dan melewatkan paket data yang ada di sebuah LAN.

·   Bridge :
    media expander untuk menambahkan jangkauan dari sebuah jaringan LAN dan menghubungkan dengan jaringan yang lain pada lokasi yang berbeda.

·   Gateway :
   peralatan yang menyediakan jalur (path) ke jaringan tetangga/internet.

·   Konektor :
   menghubungkan antar kabel dan menghubungkan kabel dengan perangkat jaringan yang lain

·   Access Point :
    bertindak untuk menghubungkan sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan karingan wireless.


·       Software
·        Sistem Operasi : dipakai sebagai basis jaringan juga menentukan dalam tahap proses instalasi.
·        Driver : suatu perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menginstal komponen hardware sehingga komponen tersebut dikenali oleh sistem operasi yang terpasang di sebuah hardware.
·        Browser : Program atau software yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya
·        Soft Skill Administrator : Keterampilan orang yang mengendalikan/mengatur perangkat keras dan lunak komputer yang saling terhubung tersebut.

·       Web dan Internet (hubungan dan peran)

PERAN DAN MANFAAT INTERNET
    
Internet dapat diartikan sebagai kumpulan komputer besar di dunia yang saling terhubung satu sama lain. Jika komputer anda terhubung ke internet berarti anda terhubung dengan jutaan komputer di seluruh dunia.
 Dengan perkembangan kemampuan komputer menjadi salah satu alat komunikasi melalui internet, membuat manfaat internet menjadi tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari-hari seperti :

·         Chatting (mengobrol)
Anda bisa chatting secara seketika real time di internet, baik untuk teman anda di dalam kota maupun di luar negeri.

·         Marketing tools
Sebagai sarana pemasaran dan media promosi yang murah dengan kelebihan akses ke pelanggan yang luar biasa.

·         Peluang bisnis
Internet menciptakan peluang bisnis dalam skala kecil maupun besar.
Internet menjanjikan sejumlah peran dan manfaat bagi setiap pemakai antara lain :

·         Komunikasi
Internet adalah sarana komunikasi atau alat komunikasi. Kegunaan yang penting dari internet adalah pertukaran pesan atau berita atau informasi antar individu pengguna e-mail.

·         Resource Database & Sharing
Internet menghubungkan komputer dan fasilitas merupakan sumber database yang besar untuk segala kebutuhan informasi.

·         Resource Discovery
Selain itu penjelajahan internet untuk mencari file tertentu dengan menggunakan resource discovery yang dikembangkan untuk mempermudah mencari informasi tertentu.

·         Database
Pengguna memakai internet untuk mendapatkan software gratis, berkomunikasi dengan yang lain.



·       Dampak Internet dari berbagai aspek
a.  Bidang Pendidikan
     Internet membawa berbagai pengaruh baik positif maupun negatif . internet bagi dunia pendidikan sangatlah penting karena banyak ilmu yang bisa di dapat di dalam nya. namun penggunaan internet harus dalam pengawasan dan tanggung jawab dalam penggunaannya .Internet bagi pelajar harus diawasi penggunaannya, karna jiwa remaja yang masih labil dapat menyalah gunakan internet .

·          Internet Mempermudah proses belajar
·          Internet juga menimbulkan kemalasan belajar
·          Internet membuat siswa menjadi kurang kreatif  
   
b.  Bidang Usaha & Bisnis Industri

·         Banyaknya Minat dari berbagai perusahaan cangkupan bisnisnya di dunia maya, memunculkan lapangan kerja baru yaitu pembuatan website dan layanan hosting .
Adanya kemudahan dalam memulai segala bisni ( wira usaha) dengan munculnya forum-forum jual beli dan media pertemanan. karena promosi menjadi lebih murah dan jaringan marketing lebih luas bahkan sampai luar negri.
c.  Kehidupan Sosial
  
internet sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia, ditambah lagi dengan bertambah canggihnya teknologi yang ada atau yang didatangkan dari luar. Sekarang ini hampir semua kegiatan bisa kita lakukan dengan internet

·       Gambar dan video penunjang tentang teknologi internet
·        
History of the internet




Ringkasan penulisan dari penulis

Pada penulisan yang telah saya buat dan saya rangkum mengenai teknologi dan perkembangannya , Indonesia memiliki banyak peluang di bidang internet dari mulai berbisnis , maupun hubungan social , di jaman yang sekarang makin canggih ini internet mulai berkembang luas di hamper semua kalangan karena mempunyai dampak positif yang baik untuk masyarakatnya , maupun dampak negatifnya tergantung si pemakai internet tersebut .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar