chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Senin, 08 April 2013

HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

                 Secara bahasa, manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berfikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Sedangkan secara umum pengertian kebudayaan merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

                Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan dari seorang manusia itu adalah merupakan kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:

·         Penganut kebudayaan,
·         Pembawa kebudayaan,
·         Manipulator kebudayaan, dan
·         Pencipta kebudayaan.


              Disamping itu, kebudayaan manusia itu menciptakan suatu keindahan yang biasa kita sebut dengan suatu seni. Keindahan atau seni dibutuhkan oleh setiap manusia agar kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih indah.

Manusia

Manusia adalah mahkluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT.
Manusia terlahir ke dunia dengan membawa apa-apa saja yang di miliki oleh mahkluk hidup lainnya yang bersifat khusus.

BUDAYA atau KEBUDAYAAN
berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.


Hakikat manusia yakni:

1)      Mahkluk yang memiliki tenaga yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhannya.
2)      Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3)      Mahkluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya     dan mampu menentukan nasibnya.

4)      Mahkluk yang dalam prosesmenjadi berkembang dan terus berkembang selama hidupnya.
5)      Individu yang selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri dan membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.

6)      Suatu keberadaan yang berpotensi, yang perwujudannya merupakan ketakterduggan denagn potensi yang tak terbatas.
7)      Mahkluk Tuhan yang berarti ia adalah mahkluk yang mempunyai kemungkinan baik atau jahat.
8)      Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bias berkembangsesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.


Kepribadian Bangsa Timur

Kepribadian Bangsa Timur merupakan suatu karakter yang mencerminkan masyarakat yang menganut budaya dari Timur (Asia & Timur-Tengah), yang menunjukkan ke-khasan dan pola pikir dan kebiasaan yang terdapat di daerah Timur.
Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi.

Dalam berdemokrasi bangsa timur umumnya aktif dalam mengutarakan aspirasi rakyat. Seperti di negara Korea, dalam berdemokrasi mereka duduk sambil memegang poster protes dan di negara Thailand, mereka berdemokrasi dengan tertib dan damai.



Manusia Dan Kebudayaan

Di antara makhluk ciptaan Tuhan  yang lain, manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia menciptakan kebudayaan yang berbeda-beda disetiap kalangannya, dan melestarikannya secara turun temurun. Manusia disebut sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna karena manusia mempunyai akal budi yang diberikan oleh Tuhan agar mampu membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar, juga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi pemimpin di muka bumi ini.

Selain itu juga manusia disebut sebagai “makhluk sosial” yaitu dimana manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan hidup berdampingan antara individu satu dengan individu yang lain. Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di dunia ini


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar