chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Senin, 30 November 2015

Aplikasi traffic jaringan

Aplikasi traffic jaringan

1.         Pendahuluan
Pada jaringan LAN (Local Area Network) terdapat beberapa komputer yang saling terhubung ke network. Setiap komputer mempunyai daya komputasi sendiri dan juga dapat mengakses resource yang ada di LAN seperti, data ataupun perangkat. Dan pada saat jaringan lambat kita harus tahu apa penyebab lambatnya jaringan. Dan itulah salah satu gunanya monitoring jaringan.
Monitoring jaringan merupakan salah satu bagian dalam manajemen jaringan dimana monitoring berfungsi untuk mengevaluasi peforma dan untuk melihat efisiensi dan stabilitas operasional. Analisa dan monitoring trafik diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan dengan penggunaan analisa statistik untuk memperoleh karakteristik trafik. Statistik ini menggambarkan tentang kualitas layanan dan trafik jaringan. Karena adanya keragaman kebutuhan bandwidth oleh arus trafik yang dihasilkan dari aplikasi berbeda.
Pada percobaan ini monitoring trafik jaringan menggunakan PING (Packet Internet Gopher) yang digunakan untuk menguji kemampuan sebuah host berkomunikasi atau mengirim data ke luar. Perintah dari ping ini akan nenunjukkan jumlah data yang hilang sewaktu berkomunikasi dan time to live (TTL). Dan juga kita melihat  Round Trip Time (RTT), yaitu waktu yang diperlukan oleh suatu sinyal atau paket data untuk berjalan dari sumber ke tujuan dan kembali lagi ke sumber. Waktu yang sedikit berarti trafik bagus.
Langkah - langkah instalasi aplikasi IPHost Network Monitor:



Langkah pertama download aplikasinya, setelah selesai di download. Install aplikasi lalu akan tampil seperti diatas. Klik next lalu akan tampil seperti dibawah.

Setelah klik next pada tahap pertama, ada tampilan license agreement, klik yes untuk ke tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya adalah menempatkan aplikasi di folder yang diinginkan, pada tahap ini aplikasi ditempatkan pada disk C: lalu kelik next untuk tahap selanjutnya.

Pada tahap selanjutnya jika sudah mengklik next, maka akan lanjut ke tahap installation, seperti tampilan diatas. Tunggu beberapa saat sampai proses copy file selesai.


Jika copy file installation selesai maka akan muncul tampilan seperti diatas, tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan instalasi selesai. Seperti tampilan dibawah ini.

Diatas tampilan jika tahap instalasi selesai, jika ingin langsung memulai aplikasinya dapat di ceklik pada start client, jika tidak dapat di kosongkan.
2.0        Metode Sebelum kita melihat bagaimana metode monitoring trafik jaringan pada LAN kos kuning maka kita harus tahu dulu sebelumnya bagaimana topologi jaringannya.
Pada gambar diatas terlihat bagaimana topologi dari jaringan kos kuning dimana kita menggunakan kabel UTP dengan transmisi data digital hingga 100 megabit per detik, Frequensi up to 100Mhz dan dengan konektor RJ 45. Terdapat 14 user aktif pada jaringan kos kuning.






Hasil Traffic Volume





Diatas merupakan hasil grafik untuk traffic volume yang digunakan dari tanggal 26 november 2015 jam 13:02:07 sampai dengan jam 16:07. Berdasarkan laporan diatas, sempat terjadi down pada jam 13:41:00, untuk penggunaan pada base period max nya adalah 343 MB dengan up time sebesar 99,4 % dan down time sebesar 0.6 %



2.1      Ping
Ping merupakan utilitas untuk memeriksa konektivitas antar jaringan melalui sebuah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dengan cara mengirim sebuah paket ICMP (Internet Control Message Protocol) kepada alamat ip yang hendak di uji konektivitasnya. Ping yang bagus akan menampilkan pesan reply pada layar monitor dan jika Request Time Out berarti tidak ada konektivitas yang terjadi. Kualitas jaringan dinilai berdasarkan waktu pergi dan pulangnya paket dan jumlah paket yang hilang. Jika keduanya memiliki nilai yang semakin kecil maka trafik akan dinilai bagus.
Hasil Report Ping





Diatas merupakan hasil grafik dari monitor PING untuk ip 127.0.0.1 dengan min 1 msec dan max nya 16 msec, untuk up time 100% .
IPHost Network Monitor



IPHost Network Monitor digunakan untuk memonitor peralatan jaringan, server, danworkstation. IPHost Network Monitor memberitahukan apabilaterdeteksi gangguandan masalah kinerjapadasistem, dan membantu untukmengatasigangguansebelum dapat menyebabkan kerusakan serius. Kinerja pemantauan data dan laporan dapatjugamembantukitauntukupgrade dan pemeliharaan server dan peralatan lainnya.

CucuSoft Net Guard


Cucusoft Net Guard bukansekedar internet meter, Cucusoft Net Guard software jugabergunamemonitorberbagaiaktifitas internet yang adapadasebuah pc danmematikanakses/koneksike internet layaknya task manager pada Windows.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar