chat

[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau buku tamu seperti ini kawan?
Klik ini sini

Minggu, 23 November 2014

Tujuh Peran Pembentuk Project

Tujuh Peran Pembentuk Project
  
Project Manager:
Hal utama yang harus dilakukan oleh Project Manager adalah berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai rencana dan program ada kepada user, manajer tingkat atas dan kepada siapa saja yang memerlukan.





Tanggung Jawab Project Manager Secara Khusus Dalam Setiap Fase:

1. Definisi (Definition)
Project Manager adalah orang yang mengatur diambil atau tidaknya keputusan.

2. Analisis (Analysis)
Project Manager harus membuat beberapa bagian mengenai spesifikasi fungsional penerimaan jaminan dan semuanya tentang pengaruh sistem yang baru dalam lingkungan user.

3. Disain (Design)
Seorang Project Manager menyusun pertemuan secara rutin dan menerbitkan sebuah laporan harian.

4. Pemrograman (programming)
Pada tahap ini banyak melibatkan orang dengan segala bentuk permasalahannya.

5. Sistem integrasi dan Tes (system integration And Test)
Pada tahap ini seorang Project Manager harus bisa menjaga keutuhan
perusahaan.

6. Penerimaan (Acceptance)
Project Manager menjadwalkan waktu, fasilitas dan sumber - sumber yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem dan memastikan user menanda tangani perjanjian.

7. Operasi (Operation)

Project Manager harus memastikan bahwa dukungan teknik yang ditampilkan sebelumnya tersedia dan user puas dengan sistem operasional.


Sistem Analis



Sistem analis merupakan individu kunci dalam pengembangan sistem. Meskipun demikian, sistem analis bekerja dalam sebuah tim yang berbasis proyek. Tim ini terdiri dari manajer sistem informasi, programer, user dan spesialis lainnya.

Tugas utama Sistem Analis :
-        -  Menentukan lingkup system
-        -  Mengumpulkan fakta
-        -  Menganalisis fakta
-        -  Mengkomunikasikan temuan-temuan tersebut melalui laporan analisis  sistem

Tanggung jawab Sistem Analis:

Tanggungjawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program        komputersaja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.

- Pengetahuan analis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya.

- Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.
Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas
pada sesama analis sistem,programer tetapi juga pemakai sistem dan manajer.


PROGRAMER



Programmer Komputer adalah profesi yang bertugas untuk membuat sebuah program melalui bantuan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomasi dengan bantuan perangkat lunak atau software. 
Tugas inti dari seorang programmer sama seperti tugas sebuah program itu sendiri. Sebuah program itu didesain dan dikembangkan agar mampu membatu manusia sebagi pengguna (user) dalam mengatasi kegiatan kesehariannya. Jadi, tugas seorang programmer komputer adalah menolong manusia menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan bantuan komputer.

Database Administrator



Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan
Tugas-tugas seorang administrator database bervariasi, tergantung pada job description-nya, perusahaan, peraturan Teknologi Informasi (TI), fitur-fitur teknis, dan juga kemampuan dari DBMS yang diberikan. Semua itu termasuk pemulihan setelah bencana (backups and testing of backups), analisis kinerja dan tuning, pemeliharaan data dictionary, dan desain database.


Designer



Desainer adalah seseorang yang merancang sesuatu. Definisi yang terluas, kemungkinan diberikan oleh seorang psikolog bernama Herbert Simon: Everyone designs who devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred ones, artinya: “Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk merubah situasi yang ada menjadi lebih baik”.

Tugas Seorang Web Designer :
- Membuat gambar-gambar yang akan disisipkan kedalam website dengan menggunakan Photoshop dan sebagainya.
- Menata Layout untuk pemasangan Banner, Link, Animasi & sebagainya.
- Mengatur Konten Website sesuai dengan kategori & diintegrasikan dengan link navigasi.
- Membangun Website mulai dari halaman depan sampai akhir sesuai dengan struktur web yang dipilih.
- Melakukan uji coba setiap halaman & memeriksa kesalahan penulisan HTML, CSS, & sebagainya


Fungsional

Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan fungsional pada hakekatnya adalah jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, namun sangat diperlukan dalam tugas-tugas pokok dalam suatu organisasi.

Fungsional mempunyai tugas :
- menyusun rencana dan program kegiatan sesuai bidangnya;
- mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data sesuai bidangnya;
- melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai bidangnya dalam rangka memperoleh angka kredit sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku;
- memberikan saran-saran atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah-langkah yang diambil sesuai bidangnya;
menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan. 

Network Engineer



Dari segi etimologi network engineer dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan khusus untuk menangani, merancang, dan melakukan kegiatan operasional dalam sebuah  jaringan komputer. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat ini sudah banyak tempat training di Indonesia khususnya Ibukota Jakarta, seperti ID-Networkers, Netcampus, dan lain-lain.

Akan tetapi alangkah baiknya sebelum kita mengikuti training tersebut kita sudah mengetahui pengetahuan dasar apa, yang harus dimiliki seorang network engineer.

Berikut ini adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki seorang network engineer:

Osi 7 Layer
Subnetting
Crimping kabel
Peralatan-peralatan yang digunakan oleh seorang network engineer.

Fungsi dari seorang network engineer mempunyai tugas utama untuk mengatur jaringan baik jaringan skala kecil hingga skala besar, yang nantinya akan digunakan untuk pertukaran data komputer pada sebuah perusahaan, lembaga dan sebagainya. Kehadiran serta tanggung jawab teknisi jaringan menjadi sangat penting guna kelancaran usaha terlebih lagi bagi perusahaan besar. 

Akan tetapi alangkah baiknya sebelum kita mengikuti training tersebut kita sudah mengetahui pengetahuan dasar apa, yang harus dimiliki seorang network engineer.

Berikut ini adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki seorang network engineer:

Osi 7 Layer
Subnetting
Crimping kabel
Peralatan-peralatan yang digunakan oleh seorang network engineer.

Fungsi dari seorang network engineer mempunyai tugas utama untuk mengatur jaringan baik jaringan skala kecil hingga skala besar, yang nantinya akan digunakan untuk pertukaran data komputer pada sebuah perusahaan, lembaga dan sebagainya. Kehadiran serta tanggung jawab teknisi jaringan menjadi sangat penting guna kelancaran usaha terlebih lagi bagi perusahaan besar. Adapun pekerjaan seorang network engineer biasanya adalah seputar network administrator, design jaringan, installasi dan maintenance.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar